Anda Pengunjung Ke :

Minggu, 30 Juni 2013

DAY 3


Ada yang bilang personality yang baik lebih membuat seseorang terlihat lebih cantik. Iya bener banget. Cowok gak ngerokok kegantengannya plusplus, cowok ganteng yang jomblo apalagi.

Tuhan nyiptain kita dengan predikat “makhluk yang paling baik”. Berkat dapet predikat itu, kita (harusnya) lebih banyak bersyukur dan bener-bener coba jadi orang baik. Baik untuk diri sendiri dan baik untuk orang lain. Kita di bumi gak hidup sendiri. Banyak orang disekitar kita yang kita butuhkan dan membutuhkan kita. Jadi paling gak kita bersikap baik dengan mereka.

Manusia nggak ada yang sempurna. Jangan sombong dan jangan minder. Tiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing dan hidup saling melengkapi. Ciee. Selain fisik yang beda, personality tiap orang juga beda-beda ternyata. Ada yang diam-diam tapi menghanyutkan, ada yang talk less do more, ada yang gampang nyerah, ada yang pekerja keras, ada yang pemikir, ada yang selalu ceria, dan ada yang ....., ....., .....

Aku juga gitu. Kepribadianku biasa-biasa aja, tapi paling gak aku tau mana yang baik dan mana yang buruk. Sifatku ke orang juga sering gak jelas, kadang baik, kadang jutek, kadang egois yaaa namanya juga manusia. Hehe. Menjawab tantangan hari ke tiga, aku kasih judul: 10 Perilaku yang “Pebi Banget”.

1.       (Moody) Hard Worker
Aku percaya dengan “Man Jadda Wa Jadaa” (siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil) dan “Lakukan yang Terbaik Untuk Hasil yang Baik”. Dalam beberapa kasus, paksaan itu diperlukan, misal pas ngerjain pr. Sebenernya bisa sih tinggal nyalin punya temen, tapi kurang greget kalo gak ngerjain sendiri. Akhirnya paksaan buat ngerjain pr tadi berhasil. Awalnya bener-bener malas tapi pas udah ngerjain jadi candu sendiri-_-

Ngerjain sesuatu itu harus punya tujuan. Aku selalu mastiin tujuan itu baik, baru aku mati-matian biar tujuan itu tercapai walaupun sebenernya aku gak suka (dan malas) ngerjainnya. Ingat, “gak suka” itu ada karena “gak bisa”.

Tapi yang jadi masalah ini ya aku mood-mood-an. Jadi kalau mood lagi bagus harus digunain sebaik mungkin sebelum moodku berubah lagi. Pfffft.

2.        Bangun pagi
Kalau hari-hari sekolah aku sering banget insomnia, tapi kalau hari libur tidur enak banget-_- Jadwal belajar sama jadwal tidur sering gajelas, kadang aku baru mood belajar jam 10 malem, jadi tidurnya bisa jam 2 atau jam 3. Tapi yang aku suka, tapi kadang gasuka juga sih, jam berapa pun aku tidur, aku selalu bangun pagi sekitar jam 5-6 dan rejekiku gak dipatok ayam haha.

3.       Well-planned
Untuk mencegah ke-PHP-an dan meminimalisir hal-hal buruk, aku selalu nyusun rencana dan bikin gambaran tentang hal yang bakal aku lakuin, jadi gak kalangkabut dan udah antisipasi duluan. Seneng banget kalau yang aku lakuin ternyata sesuai dengan rencana yang aku bikin. “You are a designer of your life”. Rancang hidupmu sebaik mungkin.

4.       Optimis
Optimis bukan sombong. Aku yakin aku bisa kalau aku mau nyoba, tekun, kerja keras, dan berdoa. Jangan nyerah; “If there’s a will, there’s a way”. Hasil itu urusan Tuhan, yang penting udah coba ngelakuin apa yang terbaik. Jangan pasrah; “Yang bisa mengubah hidupmu hanyalah kamu sendiri”.

5.       Look into your eyes
Aku punya kebiasaan menatap mata orang tiap kali ngomong. Siapa pun. Menurutku ngeliat mata orang lain pas ngobrol, itu menghargai mereka. Bener. Aku gak suka kalau ada yang ngobrol sama aku tapi matanya kemana-mana.

6.       Diam
Aku berbicara seperlunya.  Kalau lagi bete, aku lebih milih diam. Aku bukan pemberi saran yang handal, tapi aku pendengar yang baik. Aku cuman boros ngomong kalau lagi bareng orang-orang yang deket sama aku haha-_-

7.       Peduli = Kepo
Aku kepo. Aku selalu cari tau apa aja yang bikin aku penasaran, sampai aku tau. Ada manfaatnya jadi kepoers. Aku jadi paling tau gitu tentang si anu(?) Kadang keponya ini parah sampai stalking ke orang-orang yang gak dikenal haha. Kepo pas fisika juga asik walupun berujung mumet-_-

 Kepo adalah wujud peduli. Wajar kan kalau kita pengen tau apa masalah dari anu-nya kita, wajar kan kalau kita pengen tau apa yang terjadi disekitar kita. Kepo itu manusiawi.

8.       Detil
Aku suka sesuatu yang jelas. Aku terbiasa buat ngecek semua yang aku perluin sampai sedetil mungkin. Banyak yang suka bilang “udah ikut aja, urusan lainnya gampang aja.” Tapi gak jarang “urusan lainnya” itu yang malah bikin masalah. Makanya aku selalu ngecek atau nanya semuanya sampai jelas. Mendetil ini juga bagian dari perencaan yang baik. Menurutku sih.

9.       Spread your words
Setiap orang punya pendapat masing-masing tentang banyak hal, hmm tentang semua hal. Kalau aku gak setuju, aku bantah. Kalau aku punya saran, aku sampaikan. Kita punya hak berpendapat, sayang kalau gak dipake. Hehe.

10.   Think again
Kadang aku ngerasa sering gak konsisten. Hari ini setuju, besoknya udah gak setuju aja. Tapi menurutku, pas itu aku sedang berpikir 2 kali. Gausah gengsi kalau mau berubah pendapat hehe. Tapi lebih baik dipikirkan mateng-mateng dulu sebelum bikin keputusan biar gak ada pihak yang merasa di-PHP-in.

Biarpun aku suka 10 sifatku itu, orang lain belum tentu suka. Pasti ada yang ngerasa risih diliatin matanya tiap ngobrol, pasti ada yang ngenilai aku sombong, pasti ada yang capek kalau aku nanya-nanya terus, pasti ada yang ngerasa aku sok bijak, dll. Gapapa, tiap orang punya pandangan masing-masing.

Ada 1 quote yang dipost temenku di instagram:
“Lama-lama, orang males romantis karena entar disebut galau. Males peduli takut dibilang kepo. Males mendetil takut dibilang rempong. Juga, lama-lama generasi mendatang malas berpendapat takut dibilang curhat. Males mengubah-ubah point of view dalam debat takut dibilang labil.” –Sudjiwo Tedjo

Mungkin banyak yang anggap aku kepo, rempong, curhat, dan labil. Terserah.

Tidak ada komentar: