Anda Pengunjung Ke :

Rabu, 14 November 2012

..... (Part 2)




Hari H!!
Telat banguuuuuuuuuun!!! Gara-gara aku berangkatnya jadi jam 6, dan presentasi dimulai jam 8. Super ngebut ke Samarinda, dan aku berkutat di depan laptop selama di mobil, mual badai-_-
Sampai di Samarinda macet banget kayak biasa, semuanya gada yang tau jalan, aku sama Arif lupa jalan ke tempat lombanya padahal sama persis kayak tahun lalu. Sudah telat makin telat lagi...

Akhirnya jam 9 kurang kita sampai di tempat acara, dan dapet nomer urut 4 tampil. Alhamdulillah masih ada waktu buat baca-baca. Tim pertama yang tampil dari SMK Kehutanan Sarinda tentang “Teh Daun Jati”, bagus banget presentasinya, gak heran pas tahap pertama mereka juara 1. Peserta kedua juga gak kalah bagus, yang ketiga apalagi. Slide nya pakai flash, kayak game gitu.___. Kukira kita bakal tampil habis sholat Dzuhur dan ternyata nggak.

Aku ngebuka presentasinya dan penjelasan dimulai dari Arif. Arif ngebahas tentang Pembangunan Jembatan Pulau Balang, itu materi karya tulis kita tahun lalu, jadi Arif pasti udah nguasain banget. Habis Arif giliranku lagi... Aku ngejelasin tentang Perluasan Kawasan Industri Kariangau. Gatau kenapa aku gugup banget. Suara agak gemeteran, terbata-bata. Aku ngerasa aku ngehancurin presentasi hari itu. Bener-bener gaenak sama Arif & Andri, gara-gara aku gugup jadi lancar TTT_TTT

Ketegangan belum selesai, ada sesi tanya jawab 15 menit. Tim kami dihujani pertanyaan paling banyak dari audience. Mulai pertanyaan nyindir, nantang, sampai nyeleneh ada. Yng paling aku inget ada juri yang nanya “Pesut pas lahir apanya duluan yang keluar?”, penting banget loh ya-__- padahal batasan kita tentang penyebab pencemaran laut yang menggangu populasi pesut. Ada juga yang nuduh kita jiplak karya tulis orang lah padahal jelas-jelas kita survey langsung ke teluk Balikpapan. Kita jawabin pertanyaan demi pertanyaan. Pas aku yang jawab, kata pembina jawabanku agak nyambung sama pertanyaannya. Aku bener-bener jadi perusak hari itu-__-


Akhirnya kita selesai, dan aku langsung minta maaf sama Arif & Andri udah bikin jelek presentasinya. Ternyata aku gak bisa kalau kurang persiapan... Kita udah pesimis bakal dapet juara terakhir, tapi paling nggak kita udah masuk final yang artinya juara terakhir pun dapet hadiah uang wahaha.
Pengumumannya hari itu juga, daaaaaaaaan bener bener gak nyangkakita dapet juara 3. Alhamdulillah. Juara 1 tetep SMK Kehutanan, tapi memang wajar sih mereka bagus banget.

Sebenernya inti dari karya tulis ini bukan masalah memang kalahnya, tapi melihat kondisi Teluk Balikpapan yang tiap hari kian parah akibat pembangunan dan perluasan industri. Kami berharap semakin banyak oknum-oknum yang menganggap serius masalah ini. Gak banyak yang tau di Teluk Balikpapan masih banyak banget terdapat satwa langka seperti pesut dan dugong, teluk Balikpapan juga berbatasan langsung dengan HLSW. Kalau pembangunan terus dilanjutkan, kerusakan lingkungan gabisa dihindari dan mengancam populasi flora fauna disana.

Pas presentasi ternyata ada juri yang ingat aku sama Arif tahun lalu juga ikut event yang sama dan ngebahas Teluk Balikpapan, tapi lebih fokus ke Pembangunan Jembatan Pulau Balang, akhirnya kita dapat gelar dari para juri sebagai “Pejuang Pulau Balang” wahaha.

Agak miris juga pas tau kalau peneliti dan orang yang memperjuangkan Teluk Balikpapan berasal dari luar negeri, yang kebetulan jadi narasumber karya tulis ilmiah kami. Padahal penduduk Balikpapan ada banyak hehe.

Semoga semakin banyak yang peduli... :)

-----------------------------------------------------------

Tidak ada komentar: