Anda Pengunjung Ke :

Senin, 06 Desember 2010

Panggung Boneka :')

Tadi aku lagi bongkar lemari nyari buku IPS, daaan ada kertas yg jatuh dari dalam lemari. Lalu aku baca, ternyata itu naskah. Bukan sembarang naskah, itu naskah drama, bukan sembarang drama, itu Naskah Panggung Boneka. Hening. Lalu kubaca naskah itu dan tertawa. Itu adalah tugas favoritku pas kelas 8 J
Ini cerita terjadi di akhir April 2010, pas aku masih kelas 8. Saat kelasku diberi tugas Panggung Boneka untuk tugas akhir PKLH.

                Untuk tugas ini, aku sekelompok sama AMAT, Restu, dan Erya. Pas itu aku syok berat aku cewek sendiri ternyata. Tapi gapapa, untungnya mereka semua bisa diandalkan. Kami diskusi, lama, nyari ide model boneka apa yang bakal kami buat, Bu Diah, guru kami nyaranin buat bikin boneka yang tangan kainya bisa digerakin. Tapi menurut kelompok kami itu... sulit .___.



                Kelompokku dapet tema Gizi dan Kesehatan. Dan kami sepakat mengangkat tema Gizi dan Kesehatan Di Daerah Papua pada tahun 1965. Dengan pembagian perannya   :

Aku        = Ibu dan Mba Minah
AMAT   =Profesor Tai Lalat
Restu    =Restu
Erya       =Erya

Singkat cerita, jadi Restu sama Erya itu teman baik, di naskah, mereka berdua adalah anak yang tak tau apa apa. Setiap salah satu dari mereka ada yang manggil “Profesor Tai Lalaaaat” maka tiba tiba akan muncul layar didepan mereka, di layar itu ada wajah profesor Tai Lalat yang selalu siap menjawab pertanyaan mereka berdua.

                Naskahnya 8 lembar loh font-nya Times New Roman size 12, dibagi jadi 8 scene. Bayangkan! Akhirnya kita sepakat latian panggung boneka di rumahku. Bonekanya aku yg bikin, mereka tinggal ngewarnain aja.

                Pas hari pertama latian, aku inget banget Erya dateng pertama dianter emaknya, lalu Restu sama Amat dateng jalan kaki. Uuu kasiannya Amatku L Lalu kami mulai bekerja. Pas itu aku inget, gara gara AMAT ngewarnainnya kurang rapi, akhirnya aku yang ngewarnain juga punya AMAT. Kita kan warnainnya pake crayon biar gampang, kalo pake crayon otomatis perlu pilox bening biar awet, tapi karena gapunya pilox dan pilox itu mahal, kami mengganti pilox dengan lem fox. Hasilnya gajauh beda sih, menurutku.

                Kita gak cuman bikin bonekanya aja pas itu, kita juga bikin latar, rumput, sama properti lain yg diperluin gitu. Sumpah capek banget ngerjainnya, mulai pagi sampai sore cuman berkutat sama kertas, gunting, lem, dan cat. Kerja hari pertama lumayan hasilnya, sisa properti dikit lagi dan selesai.

                Kami pun kerja kelompok lagi, pas ini aku ngajak kelompoknya Hani buat gabung kerja kelompok di rumahku biar aku gak cewek sendiri. Kerja kelompok hari kedua ini rame banget rumahku. Kelompokku bertekat pas hari itu semuanya harus sudah selesai, jadi tinggal latian aja. Daaan berhasil, hari itu semuanya udah beres, tinggal latian aja.

                Kira kira awal Mei, akhirnya kita menampilkan kerja keras kami. Gatau kenapa aku seneng banget pas tampil, apalagi pas tau kalo nilainya bagus. Mungkin gara gara itu tugas ribet banget kali ya. Oh iya pas hari H aku bawa tas kantong super besar buat naroh semua properti. Dan aku inget banget pas itu kelompokku (lebih tepatnya aku) paling sibuk nata nata properti diatas meja. Dan ini beberapa foto pas kelompokku tampil               :

Ini pas pengenalan tokoh. Dari kiri ke kanan ya: Profesor Tai Lalat, Erya, Restu, Mba Minah, dan ibu.

Aku, Erya, Restu, AMAT sempit sempitan di belakang meja. Ribet banget itu aku mesti meranin dua orang sama ngatur properti sekaligus -,-

Properti sama background yang bikin ribet, tapi kalo gada malah jelek kan ya?

Kalo yang ini scene terakhir, dimana Profesor Tai Lalat mengajak Erya, Restu, dan Mba Minah masuk kedunia manusia (duniaku, restu, AMAT, erya). Jadi Ceritanya para boneka itu berbincang langsung sama manusia.

Gatau kenapa panggung boneka ini berkesan banget. Mulai dari diskusi, ngerjain, sampai tampil. pas tampil itu aku inget, naskahnya Erya ilang, kalangkabut semua rebutan naskah, udah itu susah gerak lagi dibelakang meja sempit, mana mesti megangin boneka lagi. Udah itu AMAT kalo ngomong belogat Arab, tangan udah gemeteran nahan ketawa pas itu.

Oke, That’s my favorite task. Naskah bodoh itu kapan kapan ku post deh kalo file-nya udah ketemu. Terima kasih waktunya J

Tidak ada komentar: